Pada pertemuan pertama Senin 16 Januari 2017

Membahas tentang Peraturan dalam mata kuliah Mikroprosessor, Arsitektur Komputer, Mikroprosessor, Mikrokontroller, dan pemikiran untuk mengambil ilmu dibidang selain Teknik Telekomunikasi

Peraturan Mata Kuliah Mikroprosessor

  1. Tidak boleh mecontek/plagiat pada saat tugas (kecuali tugas perkelompok bukan individual), quis, UTS, dan UAS
  2. Tidak diperbolehkan untuk titip absen

Apabila peraturan di atas dilakukan, akan menyebabkan nilai otomatis E ( tidak lulus dan harus mengulang tahun depan ), pembagian penilaian  CLO 1 – 4 dan sebelum UAS ada Tugas Besar (TUBES), boleh makan/minum saat pembelajaran berlangsung, batas keterlambatan 5 menit sebelum kelas berakhir.

 

Materi

Arsitektur Komputer

Arsitektur Komputeradalah konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer.  mendeskripsi fungsional dari kebutuhan perangkat keras yang didesain (kecepatan proses dan sistem interkoneksinya). Dalam hal ini, implementasi perencanaan dari masing–masing bagian akan lebih difokuskan terutama, mengenai bagaimana CPU akan bekerja, dan mengenai cara pengaksesan data dan alamat dari dan ke memori cache, RAM, ROM, cakram keras, dll). Beberapa contoh dari arsitektur komputer ini adalah Arsitektur von Neumann, CISC, RISC, blue Gene, dll.

Von-Neumann_Architektur.svg

Arsitektur von Neumann

Arsitektur von Neumann (atau Mesin Von Neumann) adalah arsitektur yang diciptakan oleh John von Neumann [1903 – 1957]. Arsitektur ini digunakan oleh hampir pada semua komputer pada saat ini. Arsitektur Von Neumann ini menggambarkan komputer dengan 4 (empat) bagian utama, yaitu: Unit Aritmatika & Logis (ALU), unit kontrol, memori, & alat masukan & hasil (secara kolektif dinamakan I/O). Bagian tersebut dihubungkan oleh berkas kawat, “bus”.

CISC-and-RISC

CISC and RISC

Mikroprosessor

Sejarah Mikroprossesor

Pada tahun 1971, komponen yang disebut sebagai mikroprosessor untuk pertama kalinya dibuat oleh para teknisi dari perusahaan elektronik Intel yang dibuat oleh Ted Hoff, Federico Faggin, dan Stan Mazor.

Perkembangan Mikroprosessor

Tahun 1971, Intel mengeluarkan mikroprosessor pertama di dunia, 4 bit 4004 yang didesain oleh Federico Faggin.

Tahun 1974, Intel memperkenalkan prosessor 8 bit 8080, dengan 4500 transistor

dari tahun ke tahun mikroprosessor berkembang cukup pesat. Mulai dari dual core, core 2 duo, core 2 quad dll. Sekarang sudah masuk ke generasi sembilan yaitu Intel core i3, Intel core i5, Intel core i7.

Mikroprosessor adalah sebuah IC (Integrated Circuit) yang digunakan sebagai otak/pengolah utama dalam sebuah sistem komputer yang memiliki Central Processing Unit (CPU)  di dalamnya .

Komponen Mikroprosessor

Mikroprosessor terdiri dari beberapa bagian :

  1. Register, berfungsi untuk sebagai tempat penyimpanan sementara data, alamat, kode instruksi dan bit status berbagai operasi mikroprosesor.
  2. ALU (Algorithm and Logic Unit), berfungsi untuk mengerjakan perintah – perintah logika dan operasi aritmetika.
  3. Timing and Control Unit, berfungsi untuk mengambil dan mendekodekan instruksi dari memori program dan membangkitkan sinyal kendali yang diperlukan oleh bagian lain dari mikroprosesor untuk melaksanakan instruksi tersebut

Fungsi Mikroprosessor

Fungsi utama Mikroprosessor adalah sebagai unit yang mengendalikan seluruh kerja sistem mikroprosesor. Beberapa fungsi lain dari mikroprosesor, antara lain :

  1. Mengambil instruksi dan data dari memori.
  2. Memindah data dari dan ke memori.
  3. Mengirim sinyal kendali dan melayani sinyal interupsi.
  4. Menyediakan pewaktuan untuk siklus kerja sistem mikroprosesor.
  5. Mengerjakan fungsi – fungsi operasi logika dan aritmetika.

Jenis-jenis Mikroprosessor

MIKROPROSESSOR 4 BIT

1. Intel 4004 Merupakan mikroprosesor 4 bit pertama dari keluarga Intel
2. Hanya mengalamatkan 4096 lokasi memori 4 bit.
3. Memiliki 45 set instruksi
4. Kecepatan 50 KIPs (Kilo Instructions per second)
5. Dibuat dengan teknologi P-channel MOSFET.
6. Digunakan untuk video games, sistem kontrol kecil berbasiskan mikroprosesor serta kalkulator.

MIKROPROSESOR 8  BIT

Menyadari bahwa mikroprosesor merupakan produk berkembang yang memiliki nilai komersial, maka Intel mengembangkan mikroprosesornya untuk versi 8 bit, yaitu :
1. Intel 8008 (tahun 1971)
2. Intel 8080 (tahun 1973)
3. Intel 8085 (tahun 1977)

MIKROPROSESOR 16 BIT

Mikroprosesor 16 bit berkembang akibat kebutuhan memori yang lebih besar.
Berikut ini adalah mikroprosesor 16 bit dari keluarga Intel :
1. Intel 8086 (tahun 1978)
2. Intel 8088 (tahun 1979)
3. Intel 80286 (tahun 1983)
*Ketenaraan keluarga Intel melambung pada tahun 1981, ketika IBM menggunakan 8088 dalan komputer pribadinya.

MIKROPROSESOR 32 BIT

Perkembangan software aplikasi mulai memerlukan kecepatan mikroprosesor yang lebih tinggi. Untuk itu, Intel mengembangkan
lagi mikroprosesor 32 bit, yaitu :
1. Intel 80386 (tahun 1986)
80386 adalah mikroprosesor fungsional 32 bit pertama Intel yang mengandung data bus 32 bit dan alamat memori 32 bit.
Melalui bus alamat 32 bit ini, 80386 mampu meng-alamati memori sebesar 4 MByte (232=230x 22=4G, 1 Giga = 230)
2. Intel 80486 (tahun 1989)
Intel 80486 merupakan gabungan dari 80386 sebagai mikroprosesor dan 80387 sebagai numeric coprocessor serta 8  KByte cache memory system dalam satu paket terpadu.

MIKROPROSESOR 64 BIT

Pada tahun 1993, Intel meluncurkan prosesor 64 bit yang diberi label P5 atau 80586. Namun Intel memutuskan untuk tidak menggunakan label nomor karena sulit untuk memetakan angka yang terlalu banyak, sehingga Intel mengganti nama prosesornya dengan Pentium. Pentium memiliki teknologi superscalar, yaitu memiliki dua prosesor integer internal bebas sehingga dapat mengeksekusi dua instruksi, yang tidak saling tergantung, secara simultan.

 

Pengertian Mikrokontroller

Mikrokontroller adalah sebuah chip yang berfungsi sebagai pengontrol rangkaian elektronik dan umunya dapat menyimpan program didalamnya. Mikrokontroller umumnya terdiri dari CPU (Central Processing Unit), memori, I/O tertentu dan unit pendukung seperti Analog-to-Digital Converter (ADC) yang sudah terintegrasi di dalamnya.

 

Kelebihan sistem dengan Mikrokontroller

Penggerak pada mikrokontroller menggunakan bahasa pemograman assembly dengan berpatokan pada kaidah digital dasar sehingga pengoperasian sistem menjadi sangat mudah dikerjakan sesuai dengan logika sistem (bahasa assembly ini mudah dimengerti karena menggunakan bahasa assembly aplikasi dimana parameter input dan output langsung bisa diakses tanpa menggunakan banyak perintah). Desain bahasa assembly ini tidak menggunakan begitu banyak syarat penulisan bahasa pemrograman seperti huruf besar dan huruf kecil untuk bahasa assembly tetap diwajarkan.

  1. Mikrokontroler tersusun dalam satu chip dimana prosesor, memori, dan I/O terintegrasi menjadi satu kesatuan kontrol sistem sehingga mikrokontroller dapat dikatakan sebagai komputer mini yang dapat bekerja secara inovatif sesuai dengan kebutuhan sistem.
  2. Sistem running bersifat berdiri sendiri tanpa tergantung dengan komputer sedangkan parameter komputer hanya digunakan untuk download perintah instruksi atau program. Langkah-langkah untuk download komputer dengan mikrokontroller sangat mudah digunakan karena tidak menggunakan banyak perintah.
  3. Pada mikrokontroller tersedia fasilitas tambahan untuk pengembangan memori dan I/O yang disesuaikan dengan kebutuhan sistem.
  4. Harga untuk memperoleh alat ini lebih murah dan mudah didapat.

PEMBAHASAN PASCA SARJANA di TELKOM UNIVERSITY

Pembahasan tentang pasca sarjana dari Telkom University sudah memiliki planning matang-matang . Membuat lapangan pekerjaan maupun bekerja sesuai dengan bidang masing-masing atau keahlian  untuk mendapatkan penghasilan, kebetulan pada pertemuan kemarin ada salah satu Mahasiswa yang sudah mempunyai usaha diluar bidang Teknik Telekomunikasi yaitu memiliki kedai atau cafe .

Jadi, bagaimana dari diri kita sendiri  berusaha untuk mendapatkan penghasilan atau pengalaman diluar bidang yang kita kuasai sekarang.  Karena kalau kita berpatokan dengan jurusan yang kita kuasai tidak cukup untuk menguasai lapangan pekerjaan di dunia ini, kita perlu ide-ide out of the box untuk menambah ide-ide dimasa yang akan datang.

 

Sekian Rangkuman mengenai Pertemuan Pertama Kelas Mikroprosessor pada 16 Januari 2017.

Terima Kasih.