Pada Mikroprosesor Intel 8088 terdiri dari 2 buah unit yang terpisah secara logika, yang disebutBus Interface Unit ( BIU ) dan Execution ( EU ) .

EU adalah untuk menerima kode instruksi dan data dari BIU , menjalankan instruksi tersebut dan menyimpan hasilnya pada general register ( register-register umum ).

Register merupakan penyimpanan data dan intruksi-instruksi yang berada pada CPU.

Register-register yang terdapat pada mikroproresesor 8088 terdiri dari ke 4 kelompok register : General Purpose Register, Index and Pointer Register,  Flag Register. Namun yang kita bahas hanya General Purpose Register dan Index and Pointer Register.

1.General Purpose Register
a. Accumulator Register
AX = Sebagai tempat penyimpan data/informasi berupa aritmatika atau logika yang bersifat sementara.
b. Base Register
BX = Sebagai register base untuk menunjukkan alamat memori.
c. Counter Register
CX = Register yang menghitung banyaknya looping.
d. Data Register
DX = Register serbaguna yang digunakan sebagai penampung data tertentu (karakter, pointer, penentuan disk). Fungsinya hampir sama dengan AX namun data yang disimpan berbeda.

2. Index and Pointer Register
Register ini untuk menunjukkan alamat sebuah data di lokasi memori, digunakan sebagai perpindahan data (dari atau ke memori)
a. Register SP (Stack Pointer) untuk mununjukkan alamat dari stack
b. Register BP (Base Pointer) Sebagai penunjuk base dalam stack yang disediakan untuk penyimpanan data.
c. Register SI dan DI (Source Index dan Destination index) digunakan pada operasi string dengan mengakses secara langsung pada alamat di memory yang ditunjukkan oleh kedua register ini.

BIU memiliki fungsi sebagai hardware , menghasilkan alamat-alamat memori dan input / output untuk mengirimkan data antara peralatan yang ada diluar CPU dengan EU. BIU juga berfungsi untuk mengambil semua instruksi untuk EU

  • CS (Code Segment) mencatat segment dari kode program atau instruksi, register CS berpasangan dengan register IP (Instruction Pointer) dalam format CS:IP.
  • DS (Data Segment) menyimpan alamat yang sudah dibuat dari segment dan menunjukkan dimana letak data tersebut.
  • ES (Extra Segment) menyimpan alamat segment tambahan.
  • SS (Stack Segment) menyimpan alamat segment memori yang dipergunakan sebagai stack.